Tumbangkan Inggris, Kroasia Tantang Prancis di Final Piala Dunia 2018

| Kamis, 12/07/2018 04:15 WIB
Tumbangkan Inggris, Kroasia Tantang Prancis di Final Piala Dunia 2018 Kroasia akhirnya tampil di final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Inggris dengan skor 2-1, Kamis (12/7) dinihari Wib. (Foto: Reuters)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Laga babak semifinal Piala Dunia 2018 antara Inggris menghadapi Kroasia, Kamis, 12 Juli 2018 dinihari Wib harus ditentukan lewat perpanjangan waktu. Setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal, Kroasia sukses mengunci kemenangan 2-1 lewat gol Mario Mandzukic menit ke-109. 

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Luzhniki, Rusia tersebut, Inggris telah unggul 1-0 lewat tendangan bebas K. Trippier menit ke-5. Tertinggal 1-0, Kroasia langsung meningkatkan serangan ke pertahanan The Tree Lions untuk mencetak gol penyeimbang.

Sayangnya, meskipun banyak peluang tercipta, para pemain Kroasia tidak bisa menembus lini belakang Inggris. Sementara, peluang Harry Kane cs untuk menambah keunggulan juga tidak merubah skor hingga babak pertama usai.

Babak kedua, Kroasia kembali mencoba membongkar pertahanan Inggris. Usaha tersebut akhirnya menuai hasil menit ke-68. Ivan Perisic sukses menyarangkan gol memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan pertahanan Inggris untuk merubah kedudukan menjadi 1-1.

Kembali bermain imbang, kedua tim terus berupaya untuk mencetak gol kemenangan. Namun, hingga babak kedua usai, skor tidak berubah sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2x15 menit.

Pada babak perpanjangan waktu, baik Inggris maupun Kroasia belum mampu memaksimalkan sejumlah peluang untuk mencetak gol. Kedua tim masih sama kuat hingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir.

Petaka bagi Inggris datang empat menit babak kedua perpanjangan waktu berjalan. Kelengahan lini belakang anak asuh Gareth Southgate mampu dimanfaatkan oleh penyerang Kroasia Mario Mandzukic.

Striker jangkung yang bermain di Juventus tersebut dengan jeli memanfaatkan umpan sundulan Perisic yang langsung melepaskan tendangan datar ke sisi kanan gawang Inggris. Skor pun berubah 2-1 untuk Kroasia yang bertahan hingga laga usai.

Kemenangan tersebut memastikan Kroasia tampil di final Piala Dunia 2018 pada Minggu, 15 Juli 2018 menghadapi Prancis yang sukses mengalahkan Belgia dengan akor akhir 1-0. Sementara, Inggris akan memperebutkan juara ketiga menghadapi Belgia pada Sabtu, 14 Juli 2018 mendatang. 

 

Tags : Piala Dunia 2018 , Kroasia , Inggris