Piala Asia U-19

Sumbang Tiga gol, Indra Sjafri Sebut Todd Pemain Spesialis Babak Kedua

| Senin, 22/10/2018 09:41 WIB
Sumbang Tiga gol, Indra Sjafri Sebut Todd Pemain Spesialis Babak Kedua Todd Rivaldo Fere (Pemain Tim Nasional Indonesia U-19). (Foto: foxsportasiacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tim nasional Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan lawannya timnas Qatar dalam laga penyisihan grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu, 21 Oktober 2018 malam. Sempat tertinggal jauh 1-6, Indonesia mampu bangkit untuk memperkecil ketinggalan di sisa waktu babak kedua hingga skor akhir menjadi 5-6.

Dalam pertandingan tersebut, penyerang Todd Rivaldo Fere menjadi penyelamat timnas U-19 yang membuat semangat rekan-rekannya kembali bangkit usai tertinggal jauh. Todd yang masuk pada menit ke-55 menggantikan M. Rafli Mursalim sukses menyumbang tiga gol.

Bahkan, gol-gol yang dicetak Todd menunjukkan kelasnya sebagai salah satu penyerang berbahaya di kejuaraan ini. Gol pertama dicetak oleh Todd melalui tendangan bebas dari sisi kanan gawang Qatar dan langsung masuk ke gawang tanpa bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Qatar.

Kemudian, dua gol lainnya dicetak Todd melalui aksi dribbling yang sukses mengecoh beberapa pemain bertahan Qatar. Todd melakukan aksinya dengan penuh percaya diri melewati para pemain Qatar hingga ke depan gawang sebelum melepaskan tendangan yang berbuah gol.

Atas aksinya tersebut, pelatih timnas U-19 Indra Sjafri memuji penampilan anak asuhnya tersebut. Menurutnya, Todd merupakan pemain spesialis babak kedua.

"Todd memang kurang efektif bermain jika bermain dari babak pertama," kata Indra Sjafri usai pertandingan, Minggu, 21 Oktober 2018.

Sementara itu, Todd tidak menyangka dirinya bisa mencetak tiga gol. Dia mengaku diminta pelatih untuk fokus pada pertandingan.

"Pelatih berpesan kepada kami jangan pikirkan gol, tetap fokus ke pertandingan karena gol akan datang kemudian," ujar Todd.

Kekalahan atas Qatar membuat timnas U-19 turun ke peringkat ketiga karena kalah `head to head` meskipun sama-sama mengumpulkan poin tiga. Indonesia harus menang dalam laga terakhir menghadapi UEA agar bisa lolos ke babak perempat final Piala Asia U-19.

Tags : Indonesia , Piala Asia U19 , Todd Rivaldo Fere