Kemenpora Gelar Liga Sepak Bola Berjenjang, Berikut Jadwal Lengkapnya!

| Kamis, 14/03/2019 19:40 WIB
Kemenpora Gelar Liga Sepak Bola Berjenjang, Berikut Jadwal Lengkapnya! Liga Sepak Bola Berjenjang Piala Menpora 2019. (Foto: IG @kemenpora)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali akan menggelar Liga Sepak Bola Berjenjang sebagai bagian dari pembinaan dan peningkatan prestasi sepak bola nasional. Kick off rencananya akan digelar pada 16 Maret 2019 di Lapangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta mengatakan, kompetisi ini akan mempertandingkan lima kelompok umur, yakni U-12, U-14, U-16, Liga Mahasiswa U-21, dan U-17 Putri.

“Liga Sepak Bola Berjenjang tahun ini memasuki penyelenggaraan keempat. Kick off rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2019 di Lapangan UPI Bandung. Nanti rencananya akan dibuka langsung oleh Menpora,” ucap Raden Isnanta.

Menurutnya, pembinaan sepak bola di usia dini dan muda merupakan awal dari lahirnya prestasi. Kemenpora, lanjutnya, akan terus berkomitmen untuk menyelenggarakan kompetisi sepak bola bagi semua kelompok umur.

Untuk kompetisi ini, peserta Liga Sepak Bola Berjenjang berasal dari sekolah, SSB, dan kampus-kampus dari seluruh provinsi di Indonesia. Liga ini juga akan diselenggarakan di 34 provinsi.

Seri Nasional Liga Sepak Bola Berjenjang rencananya akan dilaksanakan pada bulan September 2019. Untuk U-12 akan digelar di Palembang, Sumatera Selatan. Sedangkan U-14 akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Lalu, U-16 akan dilaksanakan di Banten. Kemudian, Liga Mahasiswa U-21 akan dilangsungkan di Yogyakarta. Dan, untuk Liga Sepak Bola Putri U-17 akan digelar di Bandung, Jawa Barat.

“Dengan adanya Liga Sepak Bola Berjenjang, diharapkan nantinya dapat menjadi wadah untuk menjaring bibit-bibit unggul calon pesepakbola nasional dimasa depan. Siapa tahu kita akan menemukan lagi penerus Egy Maulana Vikri atau Witan Sulaeman yang bisa mengharumkan nama bangsa di berbagai ajang internasional,” pungkasnya. 

Tags : Kemenpora RI , Liga Sepak Bola Berjenjang

Berita Terkait