Cak Imin Tawarkan Jurus Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

| Rabu, 08/11/2017 08:11 WIB
Cak Imin Tawarkan Jurus Tingkatkan Daya Beli Masyarakat Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Ist

PASURUAN, RADARBANGSA.COM - Tokoh Nasional Muhaimin Iskandar menyoroti lesunya harga beli masyarakat. Untuk itu, pria yang akrab disapa Cak Imin itu menawarkan sejumlah jurus untuk mengangkat kemampuan daya beli rakyat.

"Ya memang ada beberapa faktor yang harus digali lebih lanjut untuk meningkatkan daya beli. Tapi yang paling penting kebijakan kita harus terus memberikan jalan cepat," kata Cak imin usai menghadiri acara Semarak Heroik Santri 2017 di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan, Selasa, 7 November 2017 malam.

Cak Imin menjelaskan, jalan cepat yang dimaksud yakni dengan mengoptimalkan dana desa untuk pembangunan infrastruktur berbasis padat karya produktif.

"Salah satunya adalah dana desa digunakan untuk membangun infrastruktur dengan model padat karya produktuf. Sehingga masyarakat desa yang menganggur bisa diberikan pekerjaan dan mendapat gaji yang on hand cash melalui dana desa," ujar Ketua Umum PKB tersebut dikutip dari detik.com, Rabu, 8 November 2017.

Dengan demikian dana desa bisa digunakan untuk menggaji rakyat agar mampu meningkatkan daya beli.

"Yang kedua inflasi harus terjaga sehingga nilai daya beli masyarakat tidak ketinggalan dengan harga barang," tuturnya.

Ketiga, Cak Imin berharap ada konsolidasi-konsolidasi perekonomian nasional untuk merumuskan cara-cara lain supaya daya beli masyarakat kembali terangkat. "Saya kira kita percayakan pada menko-menko untuk mencari jalan cepat itu," tambahnya.

"Untuk masyarakat menengah, jaminan kepastian harga barang harus ada. Sekaligus tidak ada kekhawatiran untuk spending money. Ketakutan belanja ini kan gara-gara pajak begitu besar. Daya beli masyarakat ini supaya jangan ditakut-takuti dengan pajak," pungkas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , Daya Beli Masyarakat , Ekonomi

Berita Terkait