Jokowi: UMKM Kunci Perekonomian ASEAN

| Senin, 13/11/2017 19:30 WIB
Jokowi: UMKM Kunci Perekonomian ASEAN Presiden RI, Joko Widodo.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam perekonomian negara, khususnya negara ASEAN. Sebagaimana tercatat, sekira 96% ASEAN terdiri dari UMKM. 

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat berbicara di ASEAN Leaders Interface with ASEAN Businnes Advisory Council (ABAC) di Philipine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina, Senin, 13 November 2017. 

"Jika kita berbicara mengenai integrasi ekonomi ASEAN, maka tugas kita membawa UMKM dalam integrasi kita," bunyi pernyataan siaran pers dari Deputi Protokol Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin. 

Presiden Jokowi menyampaikan pujian kepada Dewan Penasehat Bisnis ASEAN karena melihat pentingnya keberpihakan ASEAN terhadap UMKM. Selain itu juga, perhatian tersebut diberikan untuk memberdayakan perempuan dalam UMKM. 

"Saya sambut baik upaya menghubungkan perusahaan multinasional dengan UMKM melalui ASEAN Mentor`s For Enterpreneurship Network (AMEN)," kata Jokowi. 

Dilansir dari antaranews.com, Presiden Jokowi berharap ASEAN dapat merumuskan formula kerjasama alternatif pembiayaan bagi UMKM.  

Tags : Jokowi , UMKM , KTT ASEAN