Banyak Negara Ingin Belajar Cara Swasembada ke Indonesia

| Sabtu, 18/11/2017 14:32 WIB
Banyak Negara Ingin Belajar Cara Swasembada ke Indonesia Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman (Kemeja Putih) saat menghadiri panen raya di Bandung, Jawa Barat. (Ist)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengakui sejumlah negara tertarik belajar cara Indonesia bisa mencapai swasembada. Pemerintah juga meningkatkan produksi pertanian sehingga bisa mencapai swasembada dan ekspor ke negara lain. Contohnya, beras, bawang merah, dan jagung.

"Banyak negara yang datang, dua bulan ini kami terima 5 dan 6 menteri dari berbagai macam negara. (Mereka) ingin belajar di Indonesia, bagaimana bisa begitu cepat swasembada," ujar Amran dalam kunjungan kerja di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat, 17 November 2017.

Mentan mengatakan, setelah sukses dengan swasembada pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) akan fokus menginventarisir berbagai persoalan yang dihadapi petani ke depan.

"Sekarang ini kami menyisir apa persoalan petani dua tahun ke depan di pemerintahan Jokowi-JK," tutur Amran.

Saat kunjungan ke Desa Mende, Kabupaten Soppeng, Amran menjelaskan Kementan bekerja sama dengan TNI membuka lahan sawah baru. Lokasi itu tersebar pada enam Kecamatan di Kabupaten Soppeng.

Amran meminta petani di Soppeng tidak hanya menanam padi, tetapi komoditas strategis lainnya seperti jagung. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasional.

"Kami akan berikan benih jagung mungkin 10 ribu atau 20 ribu serta tanaman lainnya termasuk peralatan yang dibutuhkan di sini," ujarnya.

Menurut Amran jika ingin mencukupi ketahanan pangan di Indonesia, kuncinya ada di tangan petani. "Kalau kita manjakan petani, dia akan manjakan Indonesia dengan produksi pertanian," pungkas Amran seperti dikutip detik.com, Sabtu 18 November 2017.

Tags : Kementan RI , Swasembada Pangan

Berita Terkait