Jokowi: Potensi Daerah Tingkatkan Perekonomian Nasional

| Rabu, 29/11/2017 13:50 WIB
Jokowi: Potensi Daerah Tingkatkan Perekonomian Nasional Joko Widodo (Presiden RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo memprediksi pertumbuhan ekonomi tahun depan akan berada di kisaran 5,3 hingga 5,4 persen. Pertumbuhan Ekonomi tersebut menurut Jokowi ditopang oleh pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Kumpulan ekonomi daerah itu akan berperan terhadap perekonomian nasional. Angkanya diprediksi sekitar (5,3-5,4 persen) itu," kata Jokowi di Jakarta, seperti dikutip viva.co.id, Rabu, 29 November 2017.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, ekonomi Indonesia mulai mengalami perbaikan. Hal itu dapat dilihat dari berbagai peringkat yang diraih Indonesia, seperti peringkat layak investasi dari lembaga internasional, dan peringkat kemudahan berusaha yang naik cukup cepat.

"2,5 tahun lalu, waktu saya bilang, kondisi ekonomi kita pelan-pelan membaik, banyak enggak percaya. Mudah-mudahan sekarang sudah percaya," tutur Jokowi.

Jokowi menekankan, dengan membaiknya ekonomi Indonesia saat ini, butuh langkah khusus untuk terus mendorong ekonomi nasional. Di antaranya adalah optimalisasi ruang bisnis yang saat ini paling besar berada di daerah, lalu kedua, adalah peningkatan di sektor pariwisata dan gaya hidup.

"Kalau kita bicara peluang bisnis di daerah, sebetulnya potensi daerah, luar biasa banyak sekali. Ini sudah dibicarakan sejak lama. Puluh-puluh tahun bicara potensi daerah. Apa yang berbeda? Infrastruktur, membuat daerah sekarang jadi semakin mudah dijangkau. bedanya di situ," pungkas Jokowi.

Tags : Jokowi , Pertumbuhan Ekonomi , Daerah