Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah pada Masyarakat Sorong

| Rabu, 20/12/2017 23:35 WIB
Jokowi Serahkan Sertifikat Tanah pada Masyarakat Sorong Presiden Joko Widodo menyerahkan sepeda kepada warga Sorong saat acara penyerahan sertifikat di Sorong, Papua Barat. (Dok Setkab RI)

SORONG, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 2.568 sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu 20 Desember 2017.

Presiden Jokowi menuturkan pentingnya sertifikat hak atas tanah yang dimiliki masyarakat karena banyak keluhan terutama terkait sengketa tanah.

“Setiap pergi ke daerah yang banyak terjadi adalah sengketa tanah antar individu dengan individu, masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah. Karena apa? Masyarakat belum pegang sertifikat,” ujar Presiden Jokowi, seperti yang dilansir setkab.go.id.

Menurut Jokowi, di seluruh Indonesia semestinya sudah diserahkan sebanyak 126 juta sertifikat kepada rakyatnya. Namun, hingga akhir tahun 2016 kemarin baru diserahkan sebanyak 46 juta sertifikat.

“Jadi masih banyak sekali yang belum memegang sertifikat ini,” ujarnya.

Namun, Jokowi berpesan bahwa jika nantinya akan dijaminkan ke bank maka harus dihitung terutama terkait angsurannya. “Saya titip kalau ini mau dipakai untuk agunan ke bank tolong dihitung dulu, dikalkulasi dulu, bisa mengembalikan tidak bunga dan angsurannya. Kalau tidak bisa jangan,” pesannya. 

Tags : Jokowi , Sertifikat Tanah , Sorong , Papua Barat