Kamis Sore, Rupiah Menguat Menjadi Rp13.553

| Kamis, 28/12/2017 18:06 WIB
Kamis Sore, Rupiah Menguat Menjadi Rp13.553 Foto: arahdotcom

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyatakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, bergerak menguat menjadi Rp13.553.

Dibandingkan posisi penutupan pada hari sebelumnya sebesar Rp13.565 per dolar AS, hari ini Rupiah justru mengalami penguatan sebesar 12 poin.

"Mata uang dolar AS terbebani oleh penurunan yield obligasi dan penurunan konsumen di Amerika Serikat," kata Ariston dilansir Antara di Jakarta, Kamis 28 Desember 2017.

Ia mengemukakan bahwa indeks kepercayaan konsumen Amerika Serikat periode Desember menunjukkan penurunan ke 122.1, dibandingkan bulan sebelumnya 128.6, sementara perkiraan pasar sebesar 128.2.

Menurut Ariston, kondisi itu membuka momentum bearish di kawasan Asia. Dampaknya, hasil obligasi Amerika Serikat tenor 10 tahun terkoreksi, pelaku pasar meragukan The Fed akan memberikan ekspektasi kenaikan suku bunga tahun depan yang diprediksi tiga kali.

"Inflasi AS yang rendah membuat pasar berekspektasi pengetatan kebijakan moneter The Fed sehingga kurang mendukung dolar AS," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, lolosnya RUU reformasi perpajakan Amerika Serikat yang telah lama ditunggu pasar juga minim respon, hal itu dikarenakan pelaku pasar sudah melakukan "price in" terhadap sentimen itu.

Ia juga mengatakan bahwa penyeimbangan portofolio menjelang akhir tahun turut berkontribusi terhadap akselerasi pergerakan dolar AS di tengah kondisi likuiditas perdagangan yang tipis menjelang libur akhir tahun.

Tags : Rupiah , BI , Obligasi

Berita Terkait