Jokowi: 67 Triliun Hilang Karena Macet

| Selasa, 02/01/2018 18:14 WIB
Jokowi: 67 Triliun Hilang Karena Macet Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat meresmikan Kereta Bandara Soekarno-Hatta. (Dok Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional kereta bandara Soekarno-Hatta, Selasa, 2 Januari 2018. Usai mencoba perjalanan dari stasiun bandara hingga stasiun sudirman, Jokowi menuturkan, kereta bandara ini sangat bagus dan nyaman, tapi fasilitas untuk penyandang disabilitas masih harus diperbaiki.

Menurutnya, memang masih ada sejumlah keluhan terkait fasilitas di stasiun bandara termasuk kereta bandara, khususnya untuk masyarakat penyandang disabilitas. "Saya sudah lihat untuk akses disabilitas. Nanti saya akan rembuk dengan Menhub (Menteri Perhubungan)," kata Jokowi, Selasa, 2 Januari 2018.

Selain itu, keluhan masyarakat agar harga tiket kereta bandara ini tidak naik juga akan ditinjau ulang. Namun, Jokowi tetap berharap agar harga tiket sebesar Rp 70 ribu tidak naik.

"Ini masih dihitung, Rp 70 ribu akan kita pertahankan, tapi masih dihitung semuanya," ujarnya.

Dlansir dari republika.co.id, Jokowi menjelaskan bahwa saat ini pemerintah berupaya untuk mengintegrasikan seluruh transportasi yang ada di Jakarta, juga yang ada di daerah lain. Integrasi ini guna menunjang masyarakat dalam mengurangi penggunaan transportasi pribadi.

Di Jakarta dan sekitarnya pemerintah sudah mulai membangun Light Rail Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT), serta perbaikan transportasi KRL dan Transjakarta. Sejumlah transportasi ini dibangun agar masyarakat bisa lebih nyaman ketika menggunakan transportasi massal.

Dirinya berharap dengan adanya pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya akan semakin mengintegrasikan transportasi yang sudah ada.

"Transportasi massa yang nyaman dan tepat waktu memang harus untuk Jabodetabek. Karena kemacetan setiap tahun menghabiskan anggaran Rp 67 triliun hilang karena macet," pungkas Jokowi.

Tags : Jokowi , Kereta Bandara , Disabilitas