Presiden: Kekayaan Alam Tak Jamin Kesejahteraan Bangsa

| Rabu, 07/02/2018 00:49 WIB
Presiden: Kekayaan Alam Tak Jamin Kesejahteraan Bangsa Presiden Jokowi hadiri RNPK di Depok (Photo: Kemendikbud.go.id)

DEPOK, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo menghadiri Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud) Jakarta, Selasa 6 Februari 2018.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menegaskan bahwa kekayaan sumber saya alam yang melimpah tidak bisa menjamin kesejahteraan bangsa.

"Saya ingin menegaskan di sini bahwa kekayaan sumber daya alam tidak bisa menjamin kesejahteraan dan kesuksesan sebuah bangsa," kata Presiden Jokowi, seperti dilansir antaranews.com.

Menurut Presiden, untuk memajukan sebuah negara Sumber Daya Manusianya harus dibangun secara baik. Tentu membangun bangsa merupakan tanggung jawab semua pihak. "Pada intinya yang memajukan sebuah negara adalah SDM, sumber daya manusianya, dan ini berada pada tanggung jawab yang besar sekali di pundak bapak, ibu dan saudara-saudara sekalian yang hadir di sini,"

Bahkan, lanjut Presiden, lihat saja negara yang maju, justru alamnya keras dan tidak subur yang tidak punya tambang, tidak punya minyak dan tidak punya gas.

Meski tidak memberikan contoh negara mana yang dimaksud, Presiden menuturkan bahwa ada sejumlah negara yang kaya akan alamnya seperti tambang, gas dan minyak justru didera kemiskinan bahkan konflik.

Tags : Jokowi