Kecelakaan Kerja Terjadi lagi, Basuki: Iki Ono Opo?

| Selasa, 20/02/2018 14:31 WIB
Kecelakaan Kerja Terjadi lagi, Basuki: Iki Ono Opo? Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). (Foto: Jawa pos)

SLEMAN, RADARBANGSA.COM - Salah satu bekisting pierhead pada proyek tol Becakayu dekat Gerbang Tol Kebon nanas, Jakarta Timur, ambruk pukul 03.00 Wib pagi. Kejadian ini juga menimbulkan korban tujuh orang menderita luka-luka.

Atas kejadian itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memilih menghentikan sementara seluruh proyek infrastruktur skala besar. Sebab, selama dua tahun pengerjaan proyek infrastruktur telah terjadi 14 kali kecelakaan.

"Ini memang selama dua tahun ada 14 kali kan, ini yang ke-14 (kecelakaan konstruksi). Makanya kita hentikan dulu, iki ono opo (ini ada apa?)," kata Basuki kepada wartawan sesuai menerima Anugerah Herman Johannes Award di Balai Senat UGM, Selasa, 20 Februari 2018.

Menteri Basuki mengungkapkan, selama ini mayoritas kecelakaan kerja proyek infrastruktur terjadi di hari libur atau di pagi hari. Termasuk kecelakaan konstruksi ambruknya tiang girder proyek Tol Becakayu tadi pagi.

Karena itu, lanjut Basuki, pihaknya langsung menerjunkan tim komite keselamatan konstruksi ke TKP. Tim tersebut bertugas menelaah dan mencari penyebab ambruknya tiang girder tersebut.

"Yang jelas semua pekerjaan yang berada di atas tanah yang membutuhkan pekerjaan berat, seperti pemasangan girder dan sebagainya, baik itu tol di Sumatera, tol di Jawa, tol di Kalimantan, tol di Sulawesi, jembatan-jambatan panjang saya berhentikan dulu sementara," tuturnya seperti dikutip detik.com.

Tags : Kementerian PUPR , Tol Becakayu , Kecelakaan Kerja

Berita Terkait