Eko Sandjojo: Embung Tingkatkan Produktifitas Pertanian

| Rabu, 21/02/2018 22:39 WIB
Eko Sandjojo: Embung Tingkatkan Produktifitas Pertanian Presiden Jokowi dan Menteri Eko Putro Sandjojo meninjau langsung pembangunan Embung di Sumbar (foto: Kemendesa.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengungkapkan bahwa pembangunan embung memiliki manfaat yang besar untuk meningkatkan produktifikas pertanian masyarakat.

"Embung ini memiliki dampak yang besar bagi peningkatan produktifitas pertanian dan perkebunan masyarakat di desa dalam memenuhi kebutuhan air," kata Menteri Eko Putro Sandjojo di Musi Rawas, Selasa 20 Februari 2018.

Menurut Eko, hanya 45 persen desa saat musim hujan bisa nanam dan sisanya tidak bisa nanam. Sehingga dengan adanya embung, sisanya tersebut bisa nanam dan pendapatan masyarakat bisa naik dua kali lipat.

Bahkan lanjut Mendes, embung tersebut tidak hanya bermanfaat bagi peningkatan produktivitas pertanian, tetapi bisa juga untuk dijadikan tempat wisata.

"Embung bisa juga untuk tempat wisata yang bisa meningkatkan perekonomian di desa dan setiap embung yang jadi," tambahnya.

Eko menuturkan bahwa pemerintah akan memberikan bibit ikan gratis yang bisa menjadi sumber protein hewani untuk dikosumsi masyarakat yang kurang mampu di desa-desa agar dapat mengurangi tingkat kekurangan gizi di desa-desa.

Tags : Dana Desa , Embung , Prukades