Kucurkan Anggaran Rp 1,59 T, Kementerian PUPR Revitalisasi Sungai Citarum

| Jum'at, 23/02/2018 16:31 WIB
Kucurkan Anggaran Rp 1,59 T, Kementerian PUPR Revitalisasi Sungai Citarum Presiden Joko Widodo meninjau hulu Sungai Citarum didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. (Dok Kementerian PUPR)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo menyadari bahwa, revitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum bukanlah pekerjaan mudah yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Hal tersebut disampaikan Presiden saat bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan penggiat lingkungan hidup di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Kamis, 22 Februari 2018.

“Sudah kita hitung bahwa pekerjaan besar ini dari hulu, tengah, sampai hilir akan diselesaikan. Insya Allah dalam 7 tahun,” kata Presiden Joko Widodo seperti dikutip laman Kementerian PUPR, Jumat, 23 Februari 2018.

Sementara itu, saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menyelesaikan pembangunan infrastruktur pengendali banjir Sungai Citarum Hulu senilai Rp 1,59 triliun. Adapun kesembilan proyek tersebut telah dimulai konstruksinya sejak 2015 silam dan akan selesai tahun 2018 dan 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan untuk perbaikan badan Sungai Citarum menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR. "Kami bertanggung jawab di badan sungainya. Yang menjadi masalah utama di Sungai Citarum adalah sampah, baik sampah industri atau sampah rumah tangga," kata Menteri Basuki.

Sebelumnya, Presiden terlebih dahulu meninjau Situ Cisanti yang merupakan hulu sungai Citarum. Di sana, Presiden melakukan penanaman pohon sebagai bagian dari revitalisasi DAS Citarum yang telah dimulai sejak 1 Februari 2018.

Citarum merupakan salah satu sungai yang penting, mengingat nilai ekonomi, sejarah, hingga memiliki nilai sosial-ekonomi tinggi. Sungai ini merupakan sumber air bagi 27,5 juta penduduk Jawa Barat dan DKI Jakarta. 

Tags : Kementerian PUPR , Sungai Citarum , Jokowi

Berita Terkait