Ketika SDA Tak Jadi Andalan, Ini Fokus Pembangunan RI

| Selasa, 13/03/2018 21:01 WIB
Ketika SDA Tak Jadi Andalan, Ini Fokus Pembangunan RI Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker, Bambang Satrio Lelono (foto: kemnaker.go.id)

KENDARI, RADARBANGSA.COM - Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Bambang Satrio Lelono mengungkapkan bahwa pada 2019 fokus kepada pembangunan sumber daya manusia.

"Presiden Joko Widodo mengatakan mulai 2019 pemerintah memprioritaskan pembangunan SDM," kata Bambang Satrio Lelono di Kendari, Senin 12 Maret 2018.

Menurut Bambang, sumber daya ekonomi hari ini tidak lagi mengandalkan sumber daya alam (SDM) melaikan mengandalkan kepada manusia yang berpengetahuan, kompeten dan terampil. "Sumber daya ekonomi saat ini adalah manusia yg berpengetahuan, manusia yang kompeten, dan berketerampilan bukan lagi sumber daya alam," tambah Bambang.

Bambang menuturkan, strategi yang ditempuh untuk menghasilkan SDM kompeten antara lain percepatan penerapan standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), peningkatan kapasitas kelembagaan dan sarana pelatihan kerja.

"Peningkatan kompetensi instruktur tenaga pelatihan pemerintah dan swasta, pengembangan program pemagangan dalam dan luar negeri, percepatan pelaksanaan sertifikasi kompetensi, pelaksanaan pelatihan di BLK, Lemdiklat dan lembaga pelatihan kerja swasta, serta pengembangan dan peningkatan produktivitas," jelasnya.

 

Tags : Kemnaker , SDM ,