Ekspor Indonesia Tumbuh 16,22 Persen

| Kamis, 05/04/2018 17:15 WIB
Ekspor Indonesia Tumbuh 16,22 Persen Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Karyanto Supri mengungkapkan bahwa realisasi ekspor sepanjang tahun 2017 telah mencapai 168,7 miliar dollar AS atau meningkat 16,22 persen dari pada tahun sebelumnya. Bahkan pertumbuhan ekspor nomor dua setelah Vietnam.

“Untuk kawasan ASEAN, angka pertumbuhan ekspor Indonesia itu nomor dua setelah Vietnam,” kata Karyanto Supri di Jakarta, Kamis 5 April 2018.

Dalam Forum Tematik Badan Koordinasi Hubungan Kemasyarakatan (Bakohumas) yang diliris setkab.go.id, Karyanto Supri menyatakan bahwa kenaikan itu berdasarkan tiga penilaian yakni penilaian untuk ekspor yakni size, spread, dan sustainable.

Dengan melihat pertumbuhan pada tahun 2017 kemarin, Kemendag menargetkan pertumbuhan ekspor sebesar 11 persen, yang didukung oleh 59,2 juta jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah di tanah air.

Sementara Manajer AEC Center, Primajoko, menyampaikan bahwa tahun ini Indonesia akan menandatangani kesepakatan dengan Jepang, Pakistan dan Uni Eropa. “Produk Indonesia yang masuk ekspor diantaranya bulumata palsu dari Purbalingga, PT PAL, PT Indofood," jelasnya. 

Tags : Ekspor , Indonesia ,

Berita Terkait