Bandara Soetta Bangun Runway 3, Menhub: Target 100 Juta Penumpang/Tahun

| Senin, 16/04/2018 06:12 WIB
Bandara Soetta Bangun Runway 3, Menhub: Target 100 Juta Penumpang/Tahun Bandara Soekarno Hatta.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bandara Soekarno-Hatta direncanakan akan membangun landasan pacu (runway) ketiga dan jalur penghubung runway di sisi timur (east cross taxiway). Penambahan ini juga akan meningkatkan pelayanan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jika semuanya rampung, maka kapasitas bandara ini akan meningkat menjadi 100 juta penumpang/tahun. Kemudian, lanjutnya, pergerakan pesawatnya akan meningkat menjadi 114 pesawat per jam dari saat ini 81 pesawat per jam.

"Intinya Soekarno-Hatta akan meningkatkan kapasitas yang sekarang 63 juta, kita akan rencanakan menampung kurang lebih 100 juta lebih. Kalau diterjemahkan bentuk movement sekarang 81 per jam, kita harapakan 114 per jam," kata Budi Karya di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Minggu, 15 April 2018.

Sementara, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin mengatakan, dalam pembangunan runway ini membutuhkan lahan seluas 216 hektar (ha). Untuk saat ini, ucapnya, jumlah lahan yang telah dikuasai 115 ha.

"Masih tersisa 101 ha. Ini terus berjalan. Asumsi kita hitung, kita akan selesaikan Agustus hingga September 2018 ini," ungkapnya sepeti dikutip dari laman detik.com, Senin, 16 April 2018.

Rencananya, kontruksi runway ketiga dilakukan akhir bulan ini. Awaluddin menjelaskan bahwa pembangunan runway memakan waktu 16 bulan. Sehingga, runway bakal rampung sekitar Agustus tahun depan.

"Runway 16 bulan (pengerjaannya), nanti mungkin kita hitung, runway dan paralel taxiway ini mungkin selesai Juli atau Agustus 2019," pungkasnya.

Tags : Bandara Soekarno Hatta , Kemenhub RI , Runway 3

Berita Terkait