Dodi Budi Waluyo Resmi Dilantik Jadi Deputi Gubernur BI

| Rabu, 18/04/2018 15:10 WIB
Dodi Budi Waluyo Resmi Dilantik Jadi Deputi Gubernur BI Dodi Budi Waluyo diambil sumpahnya sebagai deputi Gubernur BI baru di Mahkamah Agung RI, Rabu (18/4). (Foto: dwi prasetya)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dody Budi Waluyo resmi menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan Perry Warjiyo setelah dilantik dan diambil sumpah pada Rabu, 18 April 2018 pagi di Mahkamah Agung RI.

Saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, Ketua MA Hatta Ali menyampaikan berdasarkan surat Keputusan Presiden RI No 69/P/2018 tanggal 13 April 2018 Saudara Dody Budi Waluyo telah diangkat sebagai Deputi Gubernur BI.

"Sebelum memangku jabatan Deputi Gubenur BI wajib mengucapkan sumpah jabatan. Apakah anda bersedia mengucapkan sumpah jabatan menurut agama dan kepercayaan anda?," tanya Hatta Ali.

"Bersedia," Jawab Dody.

Kemudian Dody menerima naskah sumpah jabatan dari Mahkamah Agung. Rohaniwan mendekatkan Alquran ke Dody.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur BI langsung atau tidak langsung dengan nama dan dari apapun tidak menjanjikan atau memberikan sesuatu kepada siapapun juga. Saya bersumpah dalam melakukan apapun dalam jabatan ini langsung atau tidak langsung ataupun janji dalam bentuk apapun. Saya bersumpah untuk melaksanakan kewajiban Deputi Gubernur BI sebaik baiknya dan penuh tanggung jawab. Saya bersumpah akan bertanggung jawab sesuai konstitusi dan haluan negara," ucap Dody.

Setelah pengucapan sumpah jabatan selesai Dody menandatangani berita acara di depan ketua MA.

Sejumlah pejabat BI turut hadir dalam pelantikan ini seperti Gubernur BI Agus Martowardojo, Dewan Gubernur BI, Anggota Dewan Komisioner OJK, Direktur Eksekutif BI, dan Kepala Perwakilan Wilayah BI.

Sebelumnya, Dody Budi Waluyo dipilih Komisi XI DPR RI menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) mengalahkan dua nama lainnya, yaitu Wiwiek Sisto Widayat dan Doddy Zulverdi.

"Kita putuskan secara musyawarah dan mufakat 10 fraksi Gubernur BI Perry Warjiyo dan Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo," kata Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (28/3).

Tags : Deputi Gubernur BI , Dodi Budi Waluyo

Berita Terkait