Podes Verifikasi Keberhasilan Program Dana Desa

| Kamis, 19/04/2018 17:51 WIB
Podes Verifikasi Keberhasilan Program Dana Desa Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo (photo: kemendesa.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengungkapkan pendataan Potensi Desa (Podes) akan memverifikasi keberhasilan program dana desa.

“Sekarang data yang saya dapat adalah hasil survei yang samplingnya terbatas. Nah akurasi ini penting untuk menentukan apakah arah kebijakan kita ini sudah tepat sasaran atau perlu diperbaiki atau dimodifikasi,” kata Menteri Eko Sandjojo di Jakarta, Kamis 19 April 2018.

Menurut Eko, data survei dari UGM (Univesitas Gajah Mada) dan IPB (Institute Pertanian Bogor) mengatakan bahwa tingkat desa tertinggal ke desa berkembang naiknya cukup signifikan, tapi kita perlu data dari sensus untuk lebih akurat.

Bahkan terkait realisasi dana desa itu sendiri menurutnya terus mengalami peningkatan. Tahun 2015, dana desa yang terserap sebesar 82 persen, tahun 2016 naik menjadi 97 persen, dan tahun 2017 kembali meningkat mendekati 99 persen.

”Kalau tahun 2018 ini kan baru (pencairan) tahap pertama, dan sudah hampir 100 persen terealisasi,” jelasnya.

Tags : Mendes Eko , Dana Desa , Podes ,

Berita Terkait