Menkeu Pastikan Keuangan Indonesia Kuartal I Stabil

| Senin, 30/04/2018 20:46 WIB
Menkeu Pastikan Keuangan Indonesia Kuartal I Stabil Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa kondisi stabilitas sistem keuangan Indonesia di kuartal I-2018 terkendali. Hal ini disepakati oleh Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), antara lain Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, dan Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah.

"Stabilitas stabil dan terkendali di triwulan I-2018 meski menghadapi tekanan pasar keuangan yang mengalami peningkatan, terutama pada akhir April 2018," ujar Sri Mulyani di Gedung BI, Jakarta Pusat, Senin, 30 April 2018.

Menkeu menjelaskan, Sistem keuangan yang stabil didukung oleh kondisi ekonomi yang kuat dan kinerja lembaga keuangan serta emiten yang stabil. "Sistem keuangan kita stabil terkendali ditopang oleh ekonomi kuat, lembaga keuangan yang baik, kinerja emiten di pasar modal yang stabil. Itu kesimpulan rapat KSSK triwulan I-2018 ini," ujarnya.

Tingkat inflasi di kuartal I-2018 hingga akhir tahun diyakini masih berada di level 3,5% plus minus 1% dan pertumbuhan ekonomi diyakini masih bertumbuh ditopang konsumsi dan ekspor. Selain itu, Ekonomi Indonesia diperkirakan tumbuh 5,4% tahun ini.

"Momentum pertumbuhan ekonomi berlanjut, konsumsi dan ekspor terjaga. Ekonomi diharapkan tetap terjaga di 2018 yaitu 5,4%," tutur Sri Mulyani seperti dilansir dari detik.com.

Sementara, defisit transaksi berjalan masih berada di bawah level 3% dari produk domestik bruto (PDB). Cadangan devisa (cadev) saat ini berada di level US$ 126 miliar yang terbilang masih aman.

"Ketahanan sektor eksternal dengan cadangan devisa US$ 126 miliar pada trwiulan I-2018. Cadev ini cukup tutup 7,7 bulan impor plus pembayaran utang luar negeri pemerintah. Ini di atas benchmark internasional yakni tiga bulan," pungkasnya.

Tags : Kementerian Keuangan RI , KSSK , Perekonomian Indonesia

Berita Terkait