Banyak Pungli, Menhub Janji Aktifkan Kembali Jembatan Timbang

| Rabu, 09/05/2018 20:42 WIB
Banyak Pungli, Menhub Janji Aktifkan Kembali Jembatan Timbang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (foto: setkab)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa pemerintah akan menindaklanjuti hasil pertemuan Presiden Joko Widodo dengan para supir angkutan barang. Salah satu yang akan dilakukan adalah dengan menertibkan jembatan timbang.

"Kita memang akan menertibkan. Jadi sekarang ini dalam tahun kemarin ini, mulai tahun ini akan kita tertibkan, itu akan dikendalikan oleh pemerintah pusat, dan kita akan mengembalikan fungsinya untuk mengatur berat dan volume karena ini penting,” kata Menhub Budi Karya di Jakarta, Selasa 8 Mei 2018.

Kementerian Perhubungan, lanjut Menhub, akan melakukan kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mengelola jembatan timbang sekaligus untuk mengontrolnya sehingga truk-truk yang lewat sesuai dengan aturan.

"Bahkan saya melakukan suatu kolaborasi dengan Kementerian PU untuk mengelola jembatan timbang ini bersama-sama dengan kementerian PU agar mereka bisa juga turut melakukan pengawasan truk-truk yang akan lewat di jalan-jalan nasional itu dalam suatu kualifikasi yang sesuai dengan berat yang ditentukan,” jelasnya.

Kementerian Perhubungan akan melakukan pengaktivan fungsi jembatan timbang sekira satu atau dua bulan mendatang.

Tags : Menhub , Jembatan Timbang ,