Duet Kemnaker-Kadin Siapkan Pemagangan Hingga 400.000 Orang

| Rabu, 16/05/2018 22:35 WIB
Duet Kemnaker-Kadin Siapkan Pemagangan Hingga 400.000 Orang Muhamad Hanif Dhakiri (Menteri Ketenagakerjaan RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) melakukan kerjasama untuk menyiapkan program pemagangan bagi 400.000 orang agar siap memasuki dunia industri. Selain itu, Kemnaker juga menyiapkan delapan ribu instruktur untuk membimbing para peserta magang.

"Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Program Pemagangan merupakan prioritas kita bersama. Ketersediaan SDM kompeten harus link and match dengan kebutuhan dunia industri. Karenanya kita menggandeng dunia industri untuk menjawab tantangan ini," ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri di Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018.

Hanif menuturkan, peran aktif dunia industri memegang peranan penting dalam menciptakan tenaga kerja terampil dan siap pakai didunia kerja. Melalui program pemagangan ini, jelasnya, diharapkan dapat mempercepat penyerapan pengangguran ke dalam dunia industri.

"Melalui pemagangan, peserta dapat pengalaman kerja yang sesungguhnya. Membentuk sikap, mental, dan perilaku sesuai kebutuhan pasar. Namun harus kita perhatikan dan atur lebih lanjut, jangan sampai program pemagangan ini mengganggu proses produksi dan kinerja perusahaan," sebut Hanif.

Pemerintah juga mengajak kalangan dunia usaha dan industri agar mendukung pengembangan SDM dengan membangun sistem pelatihan kerja dan sertifikasi profesi secara terpadu bagi pekerja Indonesia.

"Kami berharap investasi yang telah ada dapat ditingkatkan, termasuk investasi SDM, sehingga penciptaan lapangan kerja menjadi semakin luas dan memberikan transfer kemampuan bagi pekerja Indonesia diberbagai sektor usaha," pungkas Hanif.

Tags : Kemnaker , Kadin , Apindo , Program Magang , Industri