Diresmikan Jokowi, Bandara Kertajati Terbesar Kedua Setelah Soetta

| Kamis, 24/05/2018 15:56 WIB
Diresmikan Jokowi, Bandara Kertajati Terbesar Kedua Setelah Soetta Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus menyempurnakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati setelah Presiden Joko Widodo melakukan pendaratan pertama di bandara itu dengan pesawat R1-1. Kehadiran bandara diharapkan dapat memajukan perekonomian Jawa Barat.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah sedang melakukan pelebaran jalur landasan bandara. Target pelebaran runway itu akan selesai pada bulan November mendatang.

"Bandara Kertajati adalah salah satu bandara internasional dengan runway yang direncanakan 3.000 meter. Sekarang baru 2.500 meter yang akan selesai bulan November," kata Budi di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis, 24 Mei 2018.

Menurut Budi, Bandara Kertajati sebagai bandara terbesar setelah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) memiliki fasilitas dan landasan yang bagus.

"Bahwasanya seperti yang disampaikan, di Jabar memiliki bandara terbesar setelah Soetta. Berkali-kali pak Jokowi dan Pak Luhut mengatakan arsitektur dan landasannya bagus," jelasnya.

Selain fasilitas landasan, lanjut Budi, pemerintah juga akan menyelesaikan jalan tol sebagai penghubung bandara dengan beberapa kota. Selain jalan tol, terdapat Pelabuhan Patimban yang akan disinergikan ke Bandara Kertajati. Menurutnya hal itu dilakukan untuk memajukan perekonomian Jawa Barat.

"Kertajati tidak berdiri sendiri direncanakan akan menjadi pertumbuhan ekonomi karena 40 Km ada Pelabuhan Patimban yang sama besarnya dengan Priok. Tentunya daerah sangat berpotensi," pungkasnya.

Tags : Bandara Kertajati , Kemenhub RI , Jawa Barat

Berita Terkait