Kemendes Resmi Luncurkan Akademi Desa 4.0

| Kamis, 24/05/2018 20:58 WIB
Kemendes Resmi Luncurkan Akademi Desa 4.0 Kementerian Desa PDTT resmi meluncurkan Akademi Desa 4.0 di Jakarta (foto: kemendesgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) resmi meluncurkan Akademi Desa 4.0 di Jakarta, Kamis 24 mei 2018. Lebih dari 100 perguruan tinggi akan bergabung melatih para pemangku kepentingan desa lewat kursus online.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengungkapkan bahwa Akademi Desa 4.0 tersebut akan memberikan pelatihan dan modul dalam bentuk audio visual yang dapat diakses langsung secara online.

"Kita lihat BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) masih banyak yang membutuhkan pelatihan-pelatihan. Kita mau memberikan pelatihan dengan mengumpulkan peserta dalam satu tempat itu membutuhkan biaya besar," kata Mendes PDTT Eko Sanjojo dilansir kemendesgoid.

Menurut Menteri Eko, dengan banyaknya desa di seluruh Indonesia, perlu adanya pelatihan yang matang sehingga nantinya setiap perangkat desa mampu meningkatkan perekonomian di desanya masing-masing.

"Desa kita itu ada lebih dari 74 ribu desa. Dan tidak efektif kalau pelatihan hanya dilakukan 1-2 hari. Kalau Akademi Desa 4.0 ini kan bisa diakses online berulang-ulang setiap hari," jelasnya.

Politisi PKB itu menuturkan bahwa dalam menjalankan Akademi Desa 4.0, Kemendes PDTT akan dibantu oleh beberapa kementerian atau lembaga terkait, "Kita juga akan dibantu oleh 19 kementerian/ lembaga yang lokus programnya di desa untuk memberikan kursus. Akan ada Bimbel (Bimbingan Belajar) juga dari KPK dan kejaksaan terkait pengawasan (dana desa)," tuturnya.

 

Tags : Akademi Desa 4.0 ,

Berita Terkait