Menteri Eko: BUMDes Dongkrak Kemajuan Desa

| Senin, 28/05/2018 20:30 WIB
Menteri Eko: BUMDes  Dongkrak Kemajuan Desa Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo kunjungi Gunung Kidul (foto: kemendes)

GUNUNG KIDUL, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengungkapkan bahwa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mandiri telah mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

"Di Desa Bejiharjo ini BUMDes didorong untuk pengelolaan daerah wisata. Dana desa juga bisa digunakan untuk homestay," kata Menteri Desa Eko Putro Sandjojo, Jumat 25 Mei 2018.

Menurut Menteri Eko, BUMDes Maju Mandiri ini sudah berpenghasilan Rp 5,8 Milyar per tahun. "Kita bisa libatkan dunia usaha. Pemerintah berharap dana desa sebagai stimulus saja," lanjutnya.

"Tadi saya melihat Goa Pindul. Kalau bisa, destinasi-destinasi wisata seperti ini dipotret lalu dibuat artikel di Majalah Lion. Akan ada 50 juta orang yang melihat. Kalau 10% nya saja 5 juta, maka wisatawan akan melihat itu," katanya.

Politisi PKB ini menyarankan agar perbaiki situs-situs wisata, sediakan tempat sampah dan tempat makan yang lebih layak. Sarana ada, Bupati komit, lalu masyarakat kerja keras.

Tags : BUMDes , Dana Desa ,

Berita Terkait