Usul Cak Imin Pupus Pengangguran: Optimalkan Dana Desa

| Kamis, 31/05/2018 15:10 WIB
Usul Cak Imin Pupus Pengangguran: Optimalkan Dana Desa Cak Imin berdialog dengan pedagang di Sentra Batik Trusmi Cirebon (dok PKB)

CIREBON, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua MPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan, untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia, persebaran lapangan pekerjaan di setiap wilayah harus merata.

Pria yang sehari-hari biasa disapa Cak Imin ini mendorong pemerintah supaya mengintervensi swasta, sehingga kantong lapangan kerja juga menyentuh wilayah-wilayah yang selama ini belum tersentuh oleh industri.

“Negara harus mengatur swasta untuk membuka kawasan industri baru. Jangan sampai pemerintah malah didikte oleh swasta,” ujar Cak Imin saat meninjau Sentra Batik Trusmi di Cirebon, Jawa Barat, Kamis 31 Mei 2018 pagi.

Cara lain untuk menekan jumlah pengangguran di Indonesia, kata Cak Imin, yaitu dengan memaksimalkan penggunaan dana desa, yang masuk ke rekening desa sebesar Rp800 hingga Rp1 miliar per tahunnya.

Program padat karya yang didanai oleh dana desa, serta pemanfaatan dana desa untuk ekonomi kreatif, dia sebut sebagai solusi untuk mengurangi pengangguran yang ada di desa.

“Mengatasi pengangguran di desa dengan memperbesar dana desa. Agar semua yang nganggur itu bisa kerja dan mendapatkan penghasilan,” kata Cak Imin.

Untuk diketahui, pada tahun 2018 ini, pemerintah telah mengalokasikan dana desa sebesar 60 triliun rupiah untuk 74.910 desa. Pemerintah meminta kepada masyarakat desa agar pengerjaan proyek dana desa dilakukan dengan skema padat karya.

Tags : Cak Imin , Dana Desa , UU Desa

Berita Terkait