Mendes Yakin Destinasi Wisata Dikelola BUMDes Majukan Perekonomian Desa

| Senin, 04/06/2018 17:51 WIB
Mendes Yakin Destinasi Wisata Dikelola BUMDes Majukan Perekonomian Desa Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo (photo: kemendesa.go.id)

BANDUNG, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengungkapkan bahwa sektor wisata dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diyakini dapat meningkatkan pendapatan desa.

"Potensi desa wisata itu besar sekali. Bumiwangi akan kembangkan wisata Bukit Cula. Oleh karena itu, kita harapkan peran dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk turut mengembangkan potensi ini agar dapat menambah pendapatan bagi desanya," kata Menteri Eko Sandjojo dilansir kemendesagoid, Senin 4 Juni 2018.

Politisi PKB ini menyakini bahwa objek wisata Bukit Cula dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa setempat. "Bukan dapat laporan kalau pertanian di sini surplus dan akan membuat pertanian organik," katanya.

"Jadi, kalau bisa BUMDesnya diarahkan juga untuk mengelola sampah-sampah untuk bikin pupuk organik dan plastiknya dijual sebagai pelet plastik sehingga bisa menghasilkan tambahan pendapatan buat masyarakat di samping pertanian menjadi pertanian organik," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bumiwangi, Rudi mengatakan bahwa masyarakat desa berkomitmen akan memperbaiki Bukit Cula menjadi destinasi wisata yang indah, "Bukit Cula ini kita harus rawat dan pulihkan dari sakit. Pemerintah desa Bumiwangi dan warga telah berkomitmen agar Bukit Cula ini menjadi indah, aman, nyaman dan tampak lingkungan hijaunya tertata dengan baik," jelasnya.

 

 

 

 

 

Tags : BUMDes , Kemendesa PDTT ,