Jawab Tantangan Bonus Demografi 2030, Ini Strategi Menaker

| Jum'at, 29/06/2018 07:31 WIB
Jawab Tantangan Bonus Demografi 2030, Ini Strategi Menaker Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dhakiri.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menyambut bonus demografi pada 2030. Dengan demikian, tingginya populasi usia produktif tersebut dapat memberikan efek positif terhadap daya saing bangsa.

"Kita menikmati bonus demografi 2030 mendatang, anak muda jauh lebih dominan. Maka tantangannya adalah bagaimana kita investasi SDM sebaik mungkin," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri, seperti dikutip dai laman liputan6.com, Jum`at, 29 Juni 2018.

Menaker menjelaskan, saat ini generasi muda perlu memaksimalkan perkembangan teknologi. Sebab, Indonesia kini tengah memasuki revolusi industri 4.0. Dengan pemanfaatan itu diyakini generasi muda Indonesia akan mampu bersaing dengan negara lain.

"Maka kita bantu anak muda kita partisipasi pengembangan industri digital dengan cara kemampuan digitalnya, terus terang kita kurang. Kurang di bidang itu dengan kemampuan spesifik terutama yang tersertifikasi," ujarnya.

Sebagai informasi, Hanif Dhakiri meresmikan ruang yang terletak di Lantai M, Gedung Parkir Kementerian Ketenagakerjaan. Dia mengatakan, pembangunan Innovation Room bagi angkatan kerja muda adalah cara Kemnaker untuk menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan secara strategis, yaitu dengan memanfaatkan teknologi.

Tags : Bonus Demografi 2030 , Kemnaker RI

Berita Terkait