Sebentar Lagi, Indonesia Punya Saham 51 Persen di PT Freeport Indonesia

| Kamis, 12/07/2018 21:01 WIB
Sebentar Lagi, Indonesia Punya Saham 51 Persen di PT Freeport Indonesia Lokasi tambang PT Freepot Indonesia di Papua (foto: Setkab.go.id)

TANGSEL, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa holding industri pertambangan Indonesia, Inalum telah mencapai kesepakatan dengan PT Freeport Indonesia untuk meningkatkan sahamnya dari 9,36 persen menjadi 51 persen.

"Alhamdulillah," kata Presiden Joko Widodo di BSD, Tangerang Selatan, Kamis 12 Juli 2018.

Menurut Presiden, proses negoisasi untuk mendapatkan saham di perusahaan tambang tersebut berlangsung lama dan alot. Hal itu dikarenakan tidak mudah untuk mencapai kesepakatan.

“Jangan dipikir ini mudah, sangat alot sekali dan begitu sangat intens, terutama dalam 1,5 tahun terakhir. Karena ini menyangkut sebuah negosiasi yang tidak mudah,” jelas Presiden Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini, keberhasilan melakukan negosiasi untuk meningkatkan porsi kepemilikan saham Indonesia di PT Freeport Indonesia menjadi 51 persen merupakan sebuah lompatan yang luar biasa.

“Kepentingan nasional tetap harus dinomorsatukan, termasuk untuk masyarakat asli Papua teknis pembagiannya bisa ditanyakan kepada menteri terkait,” tukasnya.

Tags : PT Freeport Indonesia ,

Berita Terkait