Kementerian PUPR Pastikan Jalan Nasional di Palembang Rampung Akhir Juli

| Jum'at, 13/07/2018 22:51 WIB
Kementerian PUPR Pastikan Jalan Nasional di Palembang Rampung Akhir Juli Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). (Dok Kementerian PUPR RI)

PALEMBANG, RADARBANGSA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa perbaikan jalan dari Bandara SM Badaruddin II menuju Jakabaring Sport City yang terimbas pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) Palembang akan rampung pada akhir Juli 2018. Perbaikan itu untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang akan dimulai pada 18-8-2018 di Kota Palembang.

"Tadi pagi saya sudah ketemu Direktur Utama PT Waskita Karya yang membangun LRT. Beliau akan memperbaiki jalan nasional yang rusak akibat pekerjaan pembangunan LRT dan menjanjikan akan selesai akhir Juli dengan kondisi satu lapis aspal (layer). Nanti setelah tuntas pelaksanaan Asian Games akan dilanjutkan kembali hingga mulus," ujar Menteri Basuki di Palembang, Jumat, 13 Juli 2018.

Menteri Basuki menyebut, meski hanya satu layer, dipastikan jalan akan kembali aman untuk dilewati. “Total panjang jalan yang harus diperbaiki 50 kilometer dua-arah (PP). Sama seperti halnya di Jalan Sudirman di Jakarta, perbaikan jalan belum selesai seluruhnya tapi sudah rapi. Akhir Juli 2018 pekerjaan sudah harus selesai dan dihentikan” tegasnya.

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Palembang juga telah menyiapkan sejumlah infrastruktur untuk mendukung konektivitas dan kelancaran selama pelaksanaan Asian Games 18, yakni Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra), Flyover Keramasan dan Simpang Bandara-Tanjung Api-Api, Jembatan Musi IV, dan preservasi jalan nasional di kota Palembang dan sekitarnya.

Selain membangun infrastruktur baru, Kementerian PUPR juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 289,97 miliar untuk preservasi/pemeliharaan jalan nasional di Kota Palembang dan sekitarnya sepanjang 279,31 km. Preservasi jalan bertujuan untuk menjamin kondisi prasarana jalan perkotaan yang mantap. 

Tags : Kementerian PUPR RI , Jalan Nasional , Palembang

Berita Terkait