Sektor Pariwisata Potensial Kembangkan Komoditi Kopi Nusantara

| Jum'at, 20/07/2018 23:41 WIB
Sektor Pariwisata Potensial Kembangkan Komoditi Kopi Nusantara Presiden Jokowi dan Menteri Eko Putro Sandjojo meninjau langsung pembangunan Embung di Sumbar (foto: Kemendesa.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, pemerintah telah melakukan inovasi dengan mengembangkan ekonomi melalui sektor pariwisata.

Menurut Eko, sektor pariwisata menjadi tempat pengembangan komoditas kopi nusantara. Hal ini pula sebagai antisipasi dari pengurangan tenaga kerja di sektor pertanian.

"Bicara soal sektor pariwisata tentu dibutuhkan kafe-kafe, dan kafe-kafe ini butuh kopi. Salah satu yang sukses membuat kafe-kafe itu Desa Pujon Kidul," jelasnya saat menghadiri acara Festival Kopi Nusantara di Jakarta, Kamis 19 Juli 2018.

"Semakin banyak yang minum kopi, petani kopi di desa juga akan semakin sejahtera," ujarnya.

Sementara Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengungkapkan, pengembangan kopi sangat melekat dengan sosok pedesaan. "Kehidupan kopi adalah kehidupan perdesaan. Di mana semua petani kopi ada di desa," tukasnya.

Tags : Kopi Nusantara ,

Berita Terkait