Mendes Tantang Kades Buka Tempat Wisata di Pedesaan

| Rabu, 25/07/2018 19:35 WIB
Mendes Tantang Kades Buka Tempat Wisata di Pedesaan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo kunjungi Gunung Kidul (foto: kemendes)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menantang para Kepala Desa (Kades) se-Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mewujudkan desa wisata di desanya masing-masing.

"Saya akan datang ke Sumbawa, kalau di sana sudah ada 10 desa wisata," tantang Mendes Eko Sandjojo di Jakarta, Selasa 24 Juli 2018.

Menurut Mendes, pemerintah desa dapat menganggarkan dari dana desa untuk membuat desa wisata atau bikin kafe-kafe di area wisata.
"Anggarkan 50-100 juta dari dana desa untuk membuat desa wisata. Bikin kafe-kafe di areal desa wisata pertanian, tiap desa harus punya," katanya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menuturkan bahwa dengan adanya desa wisata atau kafe-kafe dapat menyerap tenaga kerja sehingga dapat menambah penghasilan masyarakat desa.

"Itu kan membuka lapangan kerja juga, bisa menyerap tenaga kerja hingga 85 orang. Dalam 3 bulan ke depan, 20 desa yang siap punya desa wisata dan bisa menentukan produk unggulan berskala besar di Sumbawa Barat akan saya bantu," tukasnya.

Tags : Dana Desa ,

Berita Terkait