Indonesia Ekspor Bawang Merah ke Thailand, Mentan: ini Serangan Balik

| Rabu, 01/08/2018 16:45 WIB
Indonesia Ekspor Bawang Merah ke Thailand, Mentan: ini Serangan Balik Indonesia tahun ini kembali mengekspor Bawang Merah ke Thailand. (Foto: beritasatucom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Setelah beras dan jagung, Indonesia kembali mengekspor bawang merah sebanyak 5.600 ton. Bahkan, sebagian besar bawang merah dari Brebes diekspor ke Thailand. 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman pun mengaku bangga atas pencapaian ini. Dia menyebut bahwa ini adalah serangan balik Indonesia atas Thailand.

Sebelumnya, dua tahun yang lalu Indonesia pernah mengimpor bawang merah dari Thailand. "Kalau kita ingat, 2 (dua) tahun lalu kita masih impor bawang merah dari Thailand. Sekarang, kita ekspor ke sana. Ini merupakan serangan balik dari indonesia," tegas Mentan saat menghadiri pelepasan ekspor bawang merah ke Thailand di brebes, Jawa tengah, Rabu, 1 Agustus 2018.

Adapun bawang merah yang diekspor ke Thailand adalah milik PT Revi Makmur Sentosa. Amran menargetkan angka ekspor bawang merah tahun ini bisa mencapai paling tidak 15.000 ton atau naik 100 persen dari tahun lalu yang hanya 7.750 ton.

"Insya Allah naik 100 persen, perkiraan minimal 15.000 ton. ini kita angkat tahun lalu ekspor kita 24 persen dari seluruh komoditas pertanian," ucapnya seperti dikutip dari kumparan.com, Rabu (1/8).

Mentan mengungkapkan, nantinya bawang merah yang diekspor bukan hanya berasal dari brebes, tapi juga dari daerah lainnya seperti Solok (Sumatera Barat), Malang (Jawa Timur), Nganjuk (Jawa Timur), hingga Bima (NTB). "Jadi ini baru dari Brebes, belum dari Malang, Bima, Solok dan Nganjuk serta lainnya, Insya Allah 15.000 itu sangat kecil," pungkasnya. 

Tags : Kementerian Pertanian RI , Ekspor , Bawang Merah

Berita Terkait