Kemnaker Gelas TOT Bersama Pekerja Industri

| Rabu, 01/08/2018 20:56 WIB
Kemnaker Gelas TOT Bersama Pekerja Industri Kemnaker gelar TOT bahas Perundingan dan Perjanjian antara Pekerja dan Perusahaan (foto: kemnaker)

BEKASI, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar Training of Trainer di Salah Satu Hotel Bekasi, Jawa Barat, Selasa 31 Juli 2018 kemarin. Gelaran tersebut mengangkat tema "Terampil Berunding Dalam Pembuatan Perjanjian Kerja (PK)" yang berlangsung 30 Juli-5 Agustus 2018.

Kasubdit Hubungan Kerja Kemnaker Sumondang mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia masih membutuhkan peningkatan jumlah tenaga mediator untuk menyelesaikan perselisihan hubungan industrial yang melibatkan pekerja dan pengusaha.

Sumondang menjelaskan, berdasarkan data Badan Penelitian dan Informasi Kemnaker tahun 2017, jumlah perusahaan di Indonesia ada sekitar 258.427 perusahaan. Sementara jumlah mediator yang ada saat ini hanya 907 mediator.

“Dengan demikian terdapat kekurangan 1.785 mediator karena saat ini baru ada mediator sejumlah 34 persen dari kebutuhan ideal, “ jelasnya.

Sumondang menuturkan bahwa mediator merupakan ujung tombak dalam membina dan mengembangkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan dengan ditandai ketenangan bekerja para pekerja/buruh dan stabilitas dunia usaha.

Tags : Kemnaker , Pekerja ,