Stok Beras Berlimpah, Bulog Pastikan Tak Impor Beras Tahun Depan

| Selasa, 18/09/2018 20:01 WIB
Stok Beras Berlimpah, Bulog Pastikan Tak Impor Beras Tahun Depan Budi Waseso (Dirut Perum Bulog). (Foto: gencilnews)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebut tahun depan tak perlu mengimpor beras lagi. Hal tersebut karena stok beras di gudang Bulog saat ini sangat berlimpah.

Stok beras yang tersedia di Bulog saat ini sekitar 2,3 juta ton. Rinciannya adalah 1,498 juta ton merupakan beras impor dan 820 ribu ton beras lokal.

"Insya Allah kita enggak impor beras sampai tahun depan," kata Budi Waseso seperti dikutip dari kumparan.com, Selasa, 18 September 2018.

Pria yang akrab disapa Buwas itu mengaku optimis bahwa beras yang diproduksi petani,lokal cukup mengisi stok Bulog. Meskipun sekarang musim kemarau, dirinya yakin produksi beras bisa mencapai 11-12 juta ton. sementara di musim normal, angka produksi beras bisa mencapai 16 juta ton.

"Kebutuhan masyarakat Indonesia secara nasional setiap bulan 2,4 juta artinya disini dengan kita punya hasil produksi 11-12 juta berarti kita punya kelebihan dong," jelasnya.

Selain itu, Buwas juga menilai impor beras disaat sekarang ini dapat menekan kondisi devisa negara. Karena itu, dirinya lebih memprioritaskan menyerap lebih banyak beras lokal ketimbang impor beras.

"Dengan kondisi dolar sekarang maka negara terbebani. Bukan hanya negara tapi masyarakat juga terbebani. Maka kita harus mau mulai membiasakan cinta (produk) dalam negeri, kita manfaatkan se efisien mungkin," pungkasnya. 

Tags : Impor Beras , Perum Bulog , Beras Lokal

Berita Terkait