Stok Bawang Merah Melimpah, Mentan: Kesempatan Emas Untuk Ekspor!

| Selasa, 18/09/2018 22:31 WIB
Stok Bawang Merah Melimpah, Mentan: Kesempatan Emas Untuk Ekspor! Bawang merah. (Foto: beritasatucom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pasokan Bawang merah dari petani lokal saat ini sedang berlimpah. Akibatnya, harga bawang merah produksi lokal di berbagai daerah anjlok.

Salah satunya yang mengeluhkan adalah petani bawang merah di Solok, Sumatera Barat. Mereka mengeluhkan kerugian besar akibat harga jual bawang di ladang lebih rendah dari ongkos tanam hingga panen.

DIlansir dari kumparan.com, harga bawang merah menyentuh di kisaran Rp 7.000 per kilogram (kg) hingga Rp 8.000 per kg. Padahal harga ideal bagi petani adalah Rp 15.000 per kg - Rp 20.000 per kg.

Menanggapi persoalan tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengusulkan kelebihan pasokan bawang merah tersebut sebaiknya dimanfaatkan untuk ekspor. "Nanti kami minta kalau bisa kita ekspor, ini kesempatan emas untuk ekspor," kata Amran, Selasa, 18 September 2018.

Namun, Mentan menekankan bahwa pihaknya akan mempelajari lagi standarisasi kualitas dari komoditas tersebut. Dirinya juga menyampaikan akan bekerja sama dengan Menteri BUMN Rini Soemarno.

"Tapi sesuai dengan standar agar kita bisa ekspor. Itu kami kerja sama dengan Bu Rini (Menteri BUMN) bahwa kita memberikan standar seperti harga jagung supaya jangan mereka merugi," tuturnya.

Sementara, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mendukung rencana ekspor yang diusulkan Mentan. Karena itu Bulog saat ini tengah berkoordinasi melakukan peninjauan terkait harga bawang merah yang mulai turun.

"Kemarin kan di Brebes bisa ekspor semua komoditas. Kita tangani tapi pelan-pelan sesuai dengan bidang kewenangan Bulog," ujarnya. 

Tags : Bawang Merah , Kementan RI , Ekspor

Berita Terkait