Indonesia Ekspor 10.000 Ton Manggis ke China

| Rabu, 03/10/2018 10:06 WIB
Indonesia Ekspor 10.000 Ton Manggis ke China Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Indonesia melalui kementerian pertanian telah mengekspor beberapa hasil pertanian ke negara lain. Kali ini Indonesia mengekspor 10 ribu ton Manggis ke China.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menghadiri langsung untuk melepas ekspor Manggis di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Selasa, 2 Oktober 2018. Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abid dan sejumlah perangkat daerah turut mendampingi Mentan pada acara tersebut.

Mentan menyebut, prediksi ekspor Manggis di tahun ini mencapai 70 ribu ton atau naik 553% dari tahun lalu yakni 9.167 ton saja. Dia menjelaskan, ekspor ini merupakan 38% dari total produksi Manggis nasional 2018 sebesar 166.725 ton dan 10 ribu tonnya kontrak ekspor perdana ke China dari Kabupaten Lima Puluh Kota.

"Menariknya, dari 10 eksportir, ini pertama kali eksportir dari Sumbar sehingga perlu dicontoh daerah lain. Hari ini kita buktikan, berkat kemajuan teknologi yang kita hasilkan sendiri, kita tingkatkan lagi ekspor. Ekspor komoditas holtikultura ke berbagai negara," kata Amran seperti dikutip dari detik.com, Rabu, 3 Oktober 2018.

Amran mengungkapkan, potensi pertanian Indonesia sangat besar untuk menyediakan pangan tanpa impor sekalipun. Sementara itu, sentra produksi Manggis di Indonesia tersebar dari Sumatera sampai NTB. 

Tags : Kementan RI , Ekspor , Manggis , Sumatera Barat

Berita Terkait