Tingkatkan Produktivitas Pekerja, Ini Strategi Menaker Hanif Dhakiri

| Rabu, 03/10/2018 21:14 WIB
Tingkatkan Produktivitas Pekerja, Ini Strategi Menaker Hanif Dhakiri Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri (photo: kemnaker.go.id)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M Hanif Dhakiri mengungkapkan, ada strategi untuk meningkatkan produktivitas pekerja, yanki dengan cara meningkatkan kompetensi pekerja dan memperbaiki sistem pengupahan.

"Kita terus meningkatkan akses dan mutu terhadap pelatihan kerja sehingga memacu produktivitas kita untuk terus meningkat," kata Menaker Hanif di Yogyakarta, Selasa 2 Oktober 2018.

Menurut Menaker Hanif, tingkat produktivitas dan daya saing Indonesia saat ini sudah cukup membaik, prospektif dan memiliki peluang yang cukup kompetitif untuk bersaing dengan negara lainnya di tingkat ASEAN maupun Asia Pasifik.

Hanif menuturkan, Kemnaker terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja diantaranya melalui penyempurnaan-penyempurnaan sistem pelatihan kerja, sistem standardisasi dan sertifikasi.

"(Termasuk) penerapan norma-norma ketenagakerjaan di tempat kerja, perwujudan hubungan industrial yang harmonis antara pekerja dan manajemen, perbaikan sistem upah dan lain sebagainya," tutur Hanif.

Sementara terkait dengan sistem pengupahan, Hanif menjelaskan, Kemnaker telah mengkaji sistem pengupahan di Indonesia bersama serikat pekerja dan asosiasi pengusaha supaya kenaikan upah selaras dengan kenaikan produktivitas.

Tags : Menaker Hanif Dhakiri ,

Berita Terkait