Direktur IMF Ajak Negara Peserta Bantu Lombok dan Sulteng

| Senin, 08/10/2018 18:28 WIB
Direktur IMF Ajak Negara Peserta Bantu Lombok dan Sulteng Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde didampingi Menkeu Sri Mulyani mengunjungi para korban gempa bumi di salah satu desa di Lombok, NTB, Senin (8/10). (Foto: medcomid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menyebut, dirinya akan mengajak negara-negara peserta pertemuan IMF dan Bank Dunia yang dilaksanakan di Bali untuk mendonasikan bantuan bagi para korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) serta korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulteng. Hal itu akan disampaikannya saat pertemuan di Bali nantinya.

"Setelah kami melihat kondisi di Lombok dan Palu. Saat pertemuan di Bali, kita akan minta kepada negara-negara peserta untuk mau berbagi mengulurkan kedermawanannya membantu korban bencana di Lombok dan Sulawesi Tengah," kata dia usai meninjau para korban bencana gempa bumi di Desa Guntur macan, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Senin, 8 Oktober 2018.

Christine Lagarde memuji langkah dan upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menangani gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Lombok dan Sulawesi tengah beberapa waktu lalu. Dia juga mengapresiasi kondisi ekonomi Indonesia yang dinilai tetap baik.

"Presiden, Menkeu (Sri Mulyani) dan Pak Luhut (Menko Kemaritiman) sudah menjalankan tugasnya agar Indonesia di tangan yang baik. Lalu apa yang kita (IMF) bisa lakukan? Kami bersama seluruh pegawai IMF menggalang dana secara pribadi untuk Lombok dan Sulawesi Tengah dan manajemen mendukung inisiatif itu," tuturnya.

Selain berkunjung, kehadirannya di Lombok juga membawa sejumlah bantuan yang berasal dari para pegawai IMF untuk didonasikan pada warga Lombok dan Sulteng. "Hari ini saya bawa cek Rp2 Miliar. Dana ini dialokasikan untuk Lombok dan Sulteng. Karena semua orang harus bisa mendapatkan," ucapnya.

Diketahui, kunjungan Christine Lagarde ke Lombok didampingi Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menkeu Sri Mulyani, dan Gubernur BI Perry Warjiyo. Kemudian, juga hadir Gubernur NTB yang baru dilantik beberapa waktu lalu, Zulkieflimansyah dan Bupati Lombok Barat Faozan Khalid. 

Tags : IMF , Gempa Bumi , Lombok , Palu , Christine Lagarde

Berita Terkait