Hanif Dhakiri: Pemerintah Tingkatkan Kompetensi Pekerja Berbasis Digital

| Selasa, 09/10/2018 21:47 WIB
Hanif Dhakiri: Pemerintah  Tingkatkan Kompetensi Pekerja Berbasis Digital Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dhakiri.

BALI, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis teknologi digital.

"Diantaranya modernisasi Balai Latihan Kerja (BLK) dan pengembangan program magang yang mengacu pada kebutuhan pasar kerja berbasis teknologi digital," kata M Hanif Dhakiri di Bali, Selasa 9 Okber 2018.

Menurut Hanif, penataan sistem pasar kerja juga dilakukan secara fleksibel melalui kolaborasi antara pemerintah dan dunia usaha yang makin berkembang termasuk tatanan hubungan industrial semakin baik terutama dalam merespon perubahan yang diakibatkan ekonomi digital.

Untuk itu, lanjut Hanif, penyiapan regulasi bidang hubungan industrial harus adaptif terhadap perubahan ekonomi digital sehingga ekonomi Indonesia semakin meningkat.

Selain itu, Hanif menuturkan, pemerintah terus menggerakkan semua institusi akademik yang ada seperti universitas, lembaga pendidikan kejuruan seperti SMK, Politeknik, dan lembaga pelatihan kejuruan seperti BLK, dan LPK pemerintah/swasta/industri lainnya untuk meningkatkan kualitas SDM.

 

Tags : Pekerja , Ekonomi Digital ,