`Game of Thrones` Pidato Memukau Jokowi di Pertemuan IMF-World Bank

| Jum'at, 12/10/2018 18:31 WIB
`Game of Thrones` Pidato Memukau Jokowi di Pertemuan IMF-World Bank Presiden Jokowi (foto: setkab)

BALI, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam pertemuan International Monetary Fund (IMF)- World Bank dengan menyinggung serial film Games of Thrones.

"Akhir-akhir ini, hubungan antar negara-negara ekonomi maju semakin lama semakin terlihat seperti `Game of Thrones`. Balance of power dan aliansi antar negara-negara ekonomi maju," kata Presiden Jokowi di Nusa Dua, Bali, Jumat 12 Oktober 2018.

Sepertinya, lanjut Presiden, (negara-negara ekonomi maju) tengah mengalami keretakan, lemahnya kerjasama dan koordinasi telah menyebabkan terjadinya banyak masalah. Seperti peningkatan drastis harga minyak mentah dan juga kekacauan di pasar mata uang yang dialami negara-negara berkembang.

"Dalam serial `Game of Thrones`, sejumlah Great Houses, Great Families bertarung hebat antara satu sama lain, untuk mengambil alih kendali "the Iron Throne". “Mother of Dragons” menggambarkan siklus kehidupan. Perebutan kekuasaan antar para “Great Houses” itu bagaikan sebuah roda besar yang berputar. Seiring perputaran roda, satu Great House tengah berjaya, sementara House yang lain menghadapi kesulitan dan setelahnya, House yang lain Berjaya, dengan menjatuhkan House yang lain,"

Namun, kata Jokowi, yang mereka lupa tatkala para Great Houses sibuk bertarung satu sama lain, mereka tidak sadar adanya ancaman besar dari Utara yakni seorang Evil Winter, yang ingin merusak dan menyelimuti seluruh dunia dengan es dan kehancuran.

"Dengan adanya kekhawatiran ancaman Evil Winter tersebut, akhirnya mereka sadar, tidak penting siapa yang duduki di “Iron Throne”, yang penting adalah kekuatan Bersama untuk mengalahkan Evil Winter agar bencana global tidak terjadi. Agar dunia tidak berubah menjadi tanah tandus yang porak poranda yang menyengsarakan kita semua," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan hadirin.

Tags : #GamesofThrones , Presiden Jokowi ,

Berita Terkait