Mendes Optimis Prukades Entaskan Desa Tertinggal

| Kamis, 18/10/2018 17:01 WIB
Mendes Optimis Prukades Entaskan Desa Tertinggal Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo (photo: kemendesa.go.id)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) telah tersebar di berbagai kabupaten di Indonesia.

"Program prukades ini telah diikuti oleh sejumlah kabupaten yang tersebar di Indonesia, dengan model prukades ini pembangunan kawasan perdesaan akan semakin lebih berkembang dan maju," kata Menteri Eko Sandjojo di Jakarta, Selasa 16 Oktober 2018.

Dengan semakin berkembang dan maju, Menteri Eko meminta kepada para bupati termasuk kepala desa agar membuat perencanaan terkait dana desa untuk pemberdayaan masyarakat desa.

"Saya melihat sejumlah daerah atau desa-desa telah memiliki pembangunan infrastruktur yang sudah cukup. sehingga perlu adanya suatu perencanaan untuk penggunaan dana desa untuk pemberdayaan manusia dan ekonominya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengaku optimistis dalam tujuh tahun kedepan, jumlah desa tertinggal di Indonesia akan segera terentaskan dan jumlah pengangguran di desa juga terus mengalami penurunan yang signifikan.

Tags : Dana Desa , Prukades ,