Melalui Kemnaker, Pemerintah Dorong Program Pemagangan Pekerja

| Rabu, 07/11/2018 18:32 WIB
Melalui Kemnaker, Pemerintah Dorong Program Pemagangan Pekerja Menaker) Hanif Dhakiri menyerahkan 1000 sertifikat kepada siswa BLK Makassar (foto: kemnaker)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan berusaha terus mendorong peningkatan kompetensi tenaga kerja Indonesia.

Salah satunya, dengan menjalin kerjasama di bidang pemagangan di Jepang dengan International Manpower Development Organization (IM) Japan.

“Kerjasama pemagangan antara IM dengan Kemnaker telah berlangsung sejak 1993. Hingga september 2018, peserta pemagangan yang telah ditempatkan IM Japan di perusahaan Jepang sebanyak 41.438 orang,” Kata Asep Gunawan, seperti dilansir kemnakergoid, Selasa 6 November 2018.

Menurut Asep Gunawan, nantinya seleksi penerimaan pemagangan ke Jepang diselenggarakan sepanjang tahun oleh dinas tenaga kerja provinsi. “Setelah lolos seleksi, peserta pemagangan mendapatkan pelatihan bahasa 2 bulan di daerah asal seleksi," katanya.

Sep menuturkan bahwa saat ini sebanyak 142 orang peserta asal Indonesia, bersama-sama dengan peserta asal negara lain (total 246 orang) sedang mengikuti pelatihan bahasa dan budaya di training center IM Japan.

Tags : Kemnaker , Pekerja Indonesia ,