Rupiah Terus Menguat Terhadap Dolar AS, Sore ini Naik 142 Poin

| Kamis, 08/11/2018 19:25 WIB
Rupiah Terus Menguat Terhadap Dolar AS, Sore ini Naik 142 Poin Dolar AS. (Foto: tribunnewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pergerakan nilai rupiah terhadap dolar AS menampakkan sentimen positif sejak beberapa hari lalu. Bahkan, sore ini rupiah kembali menguat sebesar 142 poin hingga level Rp 14.452.

Sebelumnya, dolar AS berada di posisi Rp14.594. Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada menilai sentimen positif dalam negeri mempengaruhi dominasi rupiah saat ini.

"Sentimen dari dalam negeri yang positif mendominasi arah pergerakan kurs rupiah," Kata reza di Jakarta, Kamis, 8 November 2018.

Menurutnya, sentimen positif dari domestik yang menjadi perhatian pelaku pasar diantaranya membaiknya cadangan devisa, pembatasan impor, dan mulai diberlakukannya transaksi domestic non-deliverable forward (DNDF).

"DNDF merupakan salah satu instrumen lindung nilai bagi pelaku usaha, instrumen itu juga untuk mendukung upaya meningkatkan stabilitas nilai tukar rupiah," jelasnya seperti dikutip dari antaranews.com.

Tak hanya di dalam negeri, kenaikan nilai rupiah terhadap dolar AS juga dipengaruhi sentimen hasil pemilu sela kogres amerika Serikat yang dimenangkan Partai Demokrat. Situasi tersebut membuat sebagian pelaku pasar khawatir karena langkah-langkah stimulus fiskal Pemerintah AS bisa terhambat.

"Pasar merespon dengan mengurangi permintaan atas aset dolar AS, sehingga mendorong pelemahan kurs. Tentunya kondisi itu juga memberikan kesempatan pada rupiah untuk dapat bergerak positif," pungkasnya.

Tags : Rupiah , Dolar AS