Menaker Serahkan 2.513 Sertifikat Kompetensi Kerja di Semarang

| Selasa, 13/11/2018 20:09 WIB
Menaker Serahkan 2.513 Sertifikat Kompetensi Kerja di Semarang Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dhakiri.

SEMARANG, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menyerahkan sertifikat kompetensi kepada 2.513 lulusan pelatihan Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) di Semarang, Selasa, 13 November 2018. Sertifikat tersebut merupakan bekal para peserta untuk memasuki dunia kerja.

"Sertifikat kompetensi di bidang pelatihan vokasi ini wujud pengakuan bahwa lulusan BLK (Balai latihan Kerja) sudah kompeten di bidang yang mereka pelajari. Ini bekal memasuki dunia kerja," kata Hanif di Semarang.

Selain itu, 200 sertifikat pelatihan soft skill juga diberikan kepada pemuda difabel dan rentan yang merupakan hasil kerja sama BBPLK Semarang, BLK Surakarta dan Sinergi USAID. Pemberian sertifikat ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan "Sinergi Youth Career Fest" yang terselenggara atas kerja sama BBPLK Semarang dengan Sinerji USAID.

Hanif menyampaikan bahwa sertifikat kompetensi dan sertifikat soft skill itu merupakan salah satu upaya mendorong dunia industri untuk mengoptimalkan penyerapan lulusan pelatihan vokasi yang terbukti kompeten da siap kerja.

"Pelatihan vokasi atau pelatihan kerja di BLK ini sangat penting karena pelatihan ini didasarkan demand driven, kebutuhan pasar kerja, dan dunia industri," terangnya.

Ia mengakui, kebutuhan tenaga kerja sangat besar, sementara ketersediaan tenaga kerja relatif terbatas khususnya dari aspek skill sehingga terus digenjot melalui program masifikasi untuk latihan kerja."Pemerintah terus melakukan masifikasi ini agar kita memiliki tenaga kerja yang berkualitas jumlah yang relatif memadai. nantinya, persebarannya juga relatif memadai di berbagai daerah," tutur Hanif.

Diketahui, Sinergi Youth Career Fest yang berlangsung di BBPLK Semarang itu diisi pula dengan peragaan busana karya siswa, bursa kerja, dialog interaktif, kelas edukasi, pameran, hingga stand up comedy. 

Tags : Sertifikat Kompetensi , Kemnaker RI , BBPLK

Berita Terkait