Menaker Siapkan Tiga Strategi Hadapi Revolusi Industri 4.0

| Jum'at, 16/11/2018 18:56 WIB
Menaker Siapkan Tiga Strategi Hadapi Revolusi Industri 4.0 M Hanif Dhakiri (Nenteri Ketenagakerjaan RI). (Dok Kemnaker RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Hanif Dhakiri mengatakan pemerintah telah menyiapkan tiga strategi untuk mentransformasi dunia industri. Hal ini sebagai langkah untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.

"Pertama Industry Transformation Strategy. Strategi ini bertujuan agar industri tidak mengalami industries shock maupun manpower shock karena adanya perubahan model bisnis," kata Menaker Hanif Dhakiri di Jakarta, 15 November 2018.

Kedua, lanjut Hanif, Future Jobs. Hal ini sebagai antisipasi dari pemerintah karena akan ada beberapa pekerjaan yang hilang namun di sisi lain akan lahit tenis-jenis pekerjaan baru.

“Ketiga, manpower planning. Dengan adanya perubahan jenis pekerjaan, maka skill yang dibutuhkan juga akan berubah. Sehingga Harris ada pemetaan terkait skill apa yang akan dibutuhkan dan tidak dibutuhkan lagi," tambahnya.

Untuk itu, Hanif meminta agar masyarakat tidak perlu takut dan khawatir dengan adanya revolusi industri 4.0. Pasalnya, mulai revolusi industri pertama hingga ketiga, manusia tetap bisa bertahan.

Tags : Menaker Hanif Dhakiri , Industri 4.0

Berita Terkait