Indonesia Menyimpan Energy Termal Lautan Terbesar di Dunia

| Rabu, 21/11/2018 17:40 WIB
Indonesia Menyimpan Energy Termal Lautan Terbesar di Dunia Potensi laut Indonesia (Foto: kkp)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Deputy Director of Ocean Energy Saga University, Yasuyuk Ikegami mengatakan, Indonesia diestimasikan menyimpan energi termal lautan sebesar 43 GwH. Hal ini merupakan terbesar di dunia. Namun kekayaan alam ini belum dimanfaatkan oleh pemerintah.

"Angka potensi OTEC di Indonesia tersebut merupakan yang terbesar di dunia. Indonesia juga paling cocok mengembangkan OTEC karena di sini minim risiko terjadi badai di perairannya," kata Yasuyuk Ikegami dikutif dari laman cnbcindonesiacom, Rabu 21 November 2018.

Menurut Yasuyuk, pembangkit listrik berbasis OTEC memproduksi listrik berdasarkan prinsip termodinamikan yang memanfaatkan suhu laut.

Ia menuturkan, pembangkit listrik berbasis OTEC pertama kali dibangun oleh Kuba pada 1930, lalu Amerika Serikat 1974. Bahkan Jepang pun ikut namun hanya dari segi penelitian saja dengan membangun proyek rintisan OTEC di Okinawa.

Nah, di Indonesia, jelasnya, OTEC mencapai skala keekonomiannya ketika pembangkit listrik yang dibangun dengan kapasitas minimal 100 Megawatt.

Tags : Indonesia , Energi Termal , Listrik ,