Presiden Jokowi Minta Dana Desa Jangan Balik ke Jakarta

| Kamis, 22/11/2018 23:06 WIB
Presiden Jokowi Minta Dana Desa Jangan Balik ke Jakarta Presiden Jokowi didampingin Mendes Eko Sandjojo saat mengunjungi Desa Citarik Sukabumi, (Foto: kemendesa.go.id)

SEMARANG, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo menyampaikan dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah pusat bisa dikelola dengan baik untuk membangun dan mengembangkan daerah pedesaan. Jokowi berpesan agar dana desa jangan sampai kembali ke Jakarta.

"Kita harapkan dana (desa) itu betul-betul jangan ada kembali yang ke Kota apalagi kembali ke Jakarta," kata Jokowi saat menghadiri acara "Sarasehan pengelolaan Dana Desa se-Jawa tengah di Gedung PRPP Semarang, Kamis, 22 November 2018.

Dalam kesempatan itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan agar dana desa bisa dibelanjakan dengan baik seperti membeli material-material yang ada di desa atau di kecamatan terdekat, seperti pasir, batu atau semen. Hal itu, menurutnya, juga membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa, sehingga tidak perlu membeli material ke Kota.

"Caranya seperti apa? sudah sering saya sampaikan, tapi ini saya ulangi lagi. Saat membelanjakan itu gunaka material-material yang ada di desa atau di kecamatan. Beli pasir cari kali yang ada pasirnya, di tingkat desa atau di kecamatan, beli di situ. Mau beli semen jangan jauh-jauh ke kota. Beli di desa kalau ada kalau enggak ada beli di kecamatan," terang Jokowi.

Jika cara tersebut dilakksnakan, maka peredaran uang tetap berada di kawasan desa atau paling jauh wilayah kecamatan setempat. Perputarn uang tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Biar uangnya terus beredar di situ. Jangan kembali uang itu ke kota apalagi ke Jakarta. Sehingga peredaran uang yang ada di desa atau maksimal di kecamatan itu makin tahun semakin membesar. Karena tanpa perputaran uang yang semakin banyak di desa, mustahil yang namanya desa itu akan meningkat kesejahteraannya. Itu teori ekonomi," tuturnya.

Jokowi juga menyampaikan bahwa setiap tahun dana desa terus meningkat. Selain itu, juga ada kucuran dari APBD baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang jumlahnya cukup besar. Hal itu harus mampu dimaksimalkan untuk membangun wilayah pedesaan sehingga perekonomian masyarakat desa juga meningkat. 

Tags : Jokowi , Dana Desa , Desa