Kemnaker Targetkan 1,4 Juta Peserta Pelatihan Kerja dan Pemagangan Tahun 2019

| Rabu, 28/11/2018 08:40 WIB
Kemnaker Targetkan 1,4 Juta Peserta Pelatihan Kerja dan Pemagangan Tahun 2019 Muhamad Hanif Dhakiri (Menteri Ketenagakerjaan RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menargetkan jumlah peserta yang mengikuti prgram pelatihan kerja dan pemagangan mencapai 1,4 juta pada tahun 2019. Target tersebut meningkat hingga 177 persen dari realisasi tahun ini. 

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengatakan bahwa peserta yang telah mengikuti pelatihan kerja pada tahun ini mencapai 330 ribu orang dan pemagangan sebanyak 174 ribu orang. Total diikuti sebanyak 504 ribu peserta. 

"Makanya tahun depan mau digenjot sampai 1,4 juta peningkatan kompetens. Tapi ini yang dari Disnaker (Dinas Ketenagakerjaan) ya," kata Hanif seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Rabu, 28 November 2018. 

Menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut target kenaikan peserta tersebut juga telah diantisipasi dari sisi anggarannya. Ia menjelaskan, anggaran Kemnaker meningkat Rp1,7 triliun sehingga bisa mempermudah pihaknya untuk menggenjot kompetensi masyarakat. 

"Kementerian saya kan dapat tambahan. Jadi sebagian dananya kan dari APBN. Sebagian lagi tentu dorong dari perusahaan dan Industri," ujarnya. 

Hanif mengungkapkan bahwa industri juga perlu diberikan insentif untuk menaikkan kapasitasnya memberikan pelatihan kerja bagi SDM atau karyawan di Indonesia. Salah satu bentuk insentif tersebut adalah dengan memberikan pengurangan pajak hingga 200 persen atau Tax Deduction kepada perusahaan. 

"Jadi misalnya, perusahaan mengeluarkan dana berapa untuk pelatihan kerja. Nanti perusahaan itu diberikan insentif atau pajaknya dikurangi 200 persen," pungkas Hanif. 

Tags : Kemnaker RI , Pelatihan Kerja , Pemagangan , APBN , SDM