Presiden Jokowi Pastikan Investor Asing Tak Ganggu UMKM

| Rabu, 28/11/2018 18:35 WIB
Presiden Jokowi Pastikan Investor Asing Tak Ganggu UMKM Presiden Jokowi (foto: setkab)

SOLO, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjawab polemik asing boleh masuk 100% di 25 bidang usaha. Hal itu ditegaskan Jokowi saat menghadiri penutupan Rapimnas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Solo, Jawa Tengah, Rabu, 28 November 2018.

Jokowi menegaskan bahwa UMKM dikeluarkan dari kebijakan relaksasi Daftar Negatif Investasi (DNI). Rencananya, DNI akan diatur melalui Peraturan Presiden (Perpres). Namun, rincian aturannya belum ditandatanganinya.

"Barangnya itu belum sampai ke Istana, Perpresnya belum saya tandatangani. Jadi tidak perlu ragu. Saya pastikan akan saya keluarkan UMKM ini dari relaksasi DNI. Saya putuskan di sini, sudah," kata Jokowi dalam sambutannya.

Mantan Walikota Solo itu menuturkan, jangan ragu dengan komitmen pemerintah terhadap UMKM. Apalagi, lanjutnya, dirinya dan anak-anaknya tumbuh dari UMKM.

"Jadi sekali lagi jangan meragukan komitmen saya terhadap UMKM, jangan ragukan. Anak-anak saya juga masuk dalam kategori UMKM, jualan martabak, jualan pisang. Kelasnya UMKM, usaha mikro, usaha kecil. Kita tahu mayoritas pengusaha Indonesia juga UMKM," tuturnya.

Jokowi juga mengaku, kontribusi UMKM bagi ekonomi Indonesia sangat signifikan. Saat ini, lanjutnya, ada sekitar 62 juta unit UMKM dan mempekerjakan 116 juta orang. Sebuah jumlah yang sangat besar.

Jadi, mayoritas lebih dari 80% tenaga kerja Indonesia berada di sektor UMKM. "Bahkan kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia mencapai 60%," tutup Jokowi. 

Tags : UMKM , DNI , Jokowi , Kadin , Hipmi